Mengejutkan, Lembaga Internasional FITCH Prediksi Jokowi Bisa 2 Periode, Asalkan...


CeriNews.com - Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings, meyakini Jokowi akan berhasil melanjutkan masa pemerintahannya untuk 2 periode jika timnya berhasil memainkan sentimen agama.

Riset yang dilakukan Fitch mengindikasikan ketegangan SARA akan mendominasi pesta demokrasi di masa depan.

"Hasil awal mengindikasikan bahwa faktor agama akan memainkan peranan yang signifikan dalam pemilihan umum di Indonesia di masa depan," tulis lembaga asal Amerika Serikat tersebut dalam sebuah pernyataan email.

Fitch juga menambahkan, walaupun Indonesia dibawah pemerintahan Joko Widodo telah membuat kemajuan "substansial" dalam memperbaiki kinerja dan pembangunan infrastruktur,

Hal tersebut tidak akan meningkatkan elektabilitas secara signifikan.

Pasalnya, menurut riset yang telah dilakukan, infrastruktur masih bukan hal substansial dalam presfektif mayoritas populasi.

Agama dinilai berada di urutan teratas.

"Pemerintahan Jokowi selama ini dinilai cukup agresif membangun iklim investasi yang nyaman, terutama dengan sejumlah reformasi dan percepatan pembangunan infrastruktur.

Tapi perkembangan politik yang mempersulit reformasi dan implementasinya akan menghambat momentum positif ini."

Sayangnya, lembaga tersebut menambahkan bahwa temuan ini berdampak negatif terhadap sentimen pelaku bisnis internasional terhadap Indonesia.


sumber: dw.com

0 Response to "Mengejutkan, Lembaga Internasional FITCH Prediksi Jokowi Bisa 2 Periode, Asalkan..."

Posting Komentar