320x100

Tak Disangka! Ternyata Ini Alasan Ahok Ajukan Peninjauan Kembali Putusan Hakim!!


CeriNews.com - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membuat manuver hukum mengejutkan saat dirinya mendekam di Rutan Mako Brimob Kepala Dua, Jakarta.

Awal 2018, tepatnya, Jumat (5/1/2018), Ahok mendaftarkan gugatan cerai pada istrinya  Veronica Tan, di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, melalui pengacara dari Law Firm Fifi Lety Indra & Partners.

Publik syok dan terkejut atas gugatan ini. Pendukung Ahok sangat sedih dan bahkan selalu menyebut berita gugatan ini sebagai hoaks.

Sedangkan kelompok anti-Ahok menggunakan berita ini sebagai pembenaran dan indikasi politik tingkat dewa yakni menyelamatkan harta gono gini Veronica jika di kemudian hari ada masalah hukum pada Ahok.

Saat publik sudah mulai menerima proses cerai ini, publik kembali heboh setelah Ahok mengajukan Peninjauan Kembali kasus penistaan agama yang membelitnya dan membuatnya mendekam di Rutan Mako Brimob.

Mahkamah Agung membenarkan telah menerima berkas memori peninjauan kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kasus penodaan agama, dan sidangnya direncanakan akan digelar pekan depan.

"Persidangannya akan dilakukan Senin, 26 Februari 2018," kata Jootje Sampaleng, Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara kepada wartawan di kantornya, Senin (19/02).

Mahkamah Agung (MA) membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima berkas memori pengajuan Peninjauan Kembali (PK) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam kasus penodaan agama, pada 2 Februari lalu.

"Permohonan PK diajukan oleh pemohon I terpidana secara tertulis yang diajukan penasihat hukumnya Josefina Syukur dan Fifi Lety Indra," kata Kepala biro hukum dan humas Mahkamah Agung, Abdullah, Senin (19/02) dalam keterangannya kepada media.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi kuasa hukum Ahok, Josefina Syukur dan Fifi Lety Indra atas keputusan Ahok mengajukan PK dalam kasus penodaan agama.

Menurut Abdullah, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara telah mengeluarkan penetapan penunjukan hakim yang memeriksa permohonan atau alat bukti yang dijadikan dasar untuk mengajukan upaya hukum PK.

Hakim juga telah menetapkan hari sidang pertama yaitu pada Senin tanggal 26 Februari 2018 mendatang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Namun lokasi persidangan bisa diubah karena berbagai alasan.

Alasan Ahok Ajukan Peninjauan Kembali

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Jootje Sampaleng mengatakan, pihak Ahok menilai hakim khilaf saat memvonis Ahok.

"Kesimpulannya, mereka (tim kuasa hukum Ahok) menilai ada kekhilafan hakim atau kekeliruan yang nyata," kata Jootje di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gadjah Mada, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).

Meski demikian, ia mengatakan, tidak menutup kemungkinan apabila tim kuasa hukum Ahok dapat memberikan bukti-bukti baru atau novum.

"Mereka akan sampaikan apakah ada bukti-bukti tambahan yang lain, nanti kita lihat pada acaranya," kata Jootje.

Ada tiga alasan yang dapat membuat terpidana mengajukan PK ke MA.

Alasan-alasan tersebut adalah adanya bukti baru, kekhilafan hakim, dan pertentangan putusan.

Namun, seorang pemohon tidak harus memiliki ketiga alasan di atas.

"Tidak selamanya demikian, boleh tiga-tiganya alasan itu, boleh tidak. Silakan saja, mereka, kan, boleh berpendapat," ujarnya.

Ahok akan memulai persidangan PK atas vonis yang diterimanya pada kasus penodaan agama, 26 Februari 2018.

Artikel ini diambil dari kompas.com berjudul: Ini Alasan Ahok Ajukan PK ke Mahkamah Agung

0 Response to "Tak Disangka! Ternyata Ini Alasan Ahok Ajukan Peninjauan Kembali Putusan Hakim!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel