320x100

Aksi Walkout saat Presiden Jokowi Pidato di Rapimnas, Petinggi Demokrat Ferdinand Hutahaean Terima Sanksi Ini!


CeriNews.com - Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean akan mendapatkan sanksi karena melalukan aksi walkout saat Presiden Joko Widodo berpidato di Rapat Pimpinan Nasional Demokrat, Sabtu pekan lalu.

"Sangat saya sesalkan itu terjadi. Tentu ada sanksi, minimal teguran nanti," kata Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin dilansir Kompas.com, Selasa (13/3/2018).

Amir mengatakan, sikap yang ditunjukkan Ferdinand sangat tidak pantas karena tidak menghormati Jokowi sebagai tamu undangan yang hadir.

Kendati demikian, sanksi apa yang akan diberikan akan tergantung dengan pemeriksaan yang dilakukan Komisi Pengawas Demokrat terhadap Ferdinand.

"Komisi pengawas akan memeriksa dan rekomendasinya ke Dewan Kehormatan," kata Amir.

Amir juga mengaku tidak bisa menerima alasan Ferdinand yang mengatakan bahwa aksinya itu adalah sikap pribadi.

Menurut dia, alasan itu tidak relevan karena acara Rapimnas Demokrat merupakan acara resmi partai. Apalagi, Ferdinand juga turut memublikasikan aksi walkout itu di Twitter.

Sementara itu Ferdinand pun mengungkap alasan mengapa dirinya walk out.

"Saya melakukan itu sebagai wujud tanggung jawab saya yang dulu mendukung Pak Jokowi, bahwa saya melakukan itu sebagai wujud ekspresi kekecewaan saya karena janji politik Pak Jokowi tidak ditepati," ujar Ferdinand saat berbincang dengan detikcom, Selasa (13/3/2018).

Ferdinand dulu tergabung dalam relawan pendukung Jokowi pada Pilpres 2014, yakni Bara JP. Dia kemudian bergabung dengan Partai Demokrat pada Mei 2017 seusai Pilgub DKI.

Adapun janji yang tak ditepati Jokowi, menurut Ferdinand, adalah menolak utang luar negeri, mempersulit asing, dan masalah subsidi. Ketiga hal inilah, menurut Ferdinand, yang membuatnya mendukung Jokowi.

"Bukan karena sosok Pak Jokowi secara pribadi, tapi karena janji politiknya, dan kemudian janji itu tidak ditepati, maka adalah hak demokrasi saya untuk mewujudkan ekspresi sebagai protes kepada Presiden Jokowi," ungkap Ferdinand.

Ferdinand sempat mempublikasikan aksi walkout itu lewat akun Twitter @LawanPolitikJKW. Akun itu dibuatnya sebelum bergabung dengan Partai Demokrat.

"Adalah hak saya sebagai warga negara dan sebagai pribadi untuk protes dengan cara yang saya anggap tepat dan baik. Daripada saya mengeluarkan kartu seperti di UI, kan tidak elok. Jadi saya memilih keluar dengan diam," ujar dia.

Sumber: Kompas.com/Detik.com

0 Response to "Aksi Walkout saat Presiden Jokowi Pidato di Rapimnas, Petinggi Demokrat Ferdinand Hutahaean Terima Sanksi Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel