320x100

Anak Buah SBY Ngoceh Soal 900 Miliar Dana Asian Games Dibalas BPK RI Menohok.....!!


CeriNews.com - Badan Pemeriksa Keungan (BPK RI) membalas langsung ocehan Ferdinand Hutahaean terkait Rp900 miliar dana Asian Games 2018 lalu.

Dana itu, disebut belum bisa dipertanggungjawabkan oleh Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc).

Hal itu diungkap Jurubicara Badan Pemenangan Nasional (PBN) Prabowo-Sandi itu melalui akun twitter-nya.

Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat itu pun mendesak KPK dan BPK RI mengaudit penggunaan dana tersebut.

“Jika benar ada Rp 900 miliar yang belum bisa dipertanggungjawabkan, maka kita mendesak @KPK_RI dan @bpkri @AchsanulQosasi untuk turun menyerahkan masalah ini ke tangan penegakan hukum,” oceh Ferdinand.

Pernyataan tersebut kemudian membuat Anggota BPK RI Achsanul Qosasi lantas membalas kicauan dugaan-dugaan yang dilontarkan Ferdinand.

Menurutnya, tuduhan yang disebutkan oleh anak buah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu tidak benar.

Semula, berdirinya Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) memang terdapat sejumlah penyalahgunaan dana dari audit BPK RI pada 2017 lalu.

Tapi, hasil pemeriksaan telah memutuskan sejumlah pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, bahkan telah ditahan.

BPK juga telah memberikan rekomendasi kepada pemerintah dalam konteks ini presiden atau wakil presiden untuk mencopot sejumlah pengurus Inasgoc yang diduga ‘bermain’.

Pemerintah juga telah cepat menjalankan hasil rekomendasi BPK RI tersebut. Alhasil, saat itu pengurus Inasgoc lebih ramping.

“LHP BPK memberikan nama-nama yang terindikasi dan kemudian @erickthohir meminta kepada Wapres untuk mengganti beberapa personil bermasalah,” balas Qosasi.

Qosasi justru mengapresiasi pelaksanaan Asian Games menjadi acara yang telah berjalan sukses.

Dalam konteks ini bukan hanya penyelenggaraan, lebih luas lagi tentang bagaimana prestasi dan tentunya pertanggungjawaban penggunaan dana.

Karenanya, BPK membantah adanya kabar tentang penyalahgunaan Rp 900 miliar. Apalagi, dana itu merupakan angka yang besar.

Itulah kenapa, dana itu tak mungkin lolos dari audit lembaganya. BPK juga telah memberikan tenggat waktu Inasgoc dan KONI untuk memberikan laporan pertanggungjawaban selama 6 bulan.

“Tim BPK ada di Inasgoc sampai dengan sekarang. BPK akan audit Inasgoc & KONI atau KOI di Semester I-2019,”

“Saat ini beberapa dokumen sudah dikumpulkan, mereka sedang melengkapinya sesuai tatakelola Keuangan Negara,” pungkasnya.

(aim/jpc/pojoksatu)

0 Response to "Anak Buah SBY Ngoceh Soal 900 Miliar Dana Asian Games Dibalas BPK RI Menohok.....!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel