320x100

Betapa Mulia Hati Bapak, Dihujat Banci, Dihina, Jokowi Justru Hadiahkan Tol Bocimi yang Mangkrak 21 Tahun Buat Rakyat


CeriNews.com -Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan jalan tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) seksi I ruas Ciawi-Cigombong.

Dalam sambutannya, Jokowi meluapkan rasa herannya karena butuh waktu lama untuk merealisasikan jalan tol yang memiliki total panjang 54 kilometer (km).

Dia menceritakan, lelang investasi tol Bocimi sudah dilakukan sejak 1997, dan sudah pula berganti-ganti investornya.

"Saya nggak bisa hitung berapa kali ini sudah ganti, 21 tahun kemudian baru jadi," kata Jokowi di Tol Bocimi, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018).

Setelah lama dan berkali-kali ganti investor, Jokowi mengatakan baru pada 2015 pemerintah melakukan negosiasi untuk mengambilalih pembangunannya.

Negosiasi yang dilakukan pun berjalan alot, sehingga pada 2016 baru bisa digarap konstruksi bersamaan dengan pembebasan lahan.

"Saya nggak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun kemudian untuk memulai ini. Saya lihat tadi kanan kiri, kiri kanan betapa sangat indahnya dan cantiknya pemandangan alam yang ada di sini apa itu yang menyebabkan lama?," ujar dia.

Tol Bocimi sendiri memiliki total panjang 54 kilometer (km) yang terdiri atas lima seksi.

Meski baru satu seksi yang beroperasi, namun Basuki yakin, beroperasinya tol Bocimi seksi I mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di wilayah timur dan selatan Bogor, sehingga mobilisasi akan semakin lancar.

Sumber: detik.com

0 Response to "Betapa Mulia Hati Bapak, Dihujat Banci, Dihina, Jokowi Justru Hadiahkan Tol Bocimi yang Mangkrak 21 Tahun Buat Rakyat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel